Keterampilan Dalam Pendidikan Jasmani
Keterampilan Lokomotor
Merupakan aktivitas jasmani dengan melakukan perpindahan kaki berpijak dari suatu tempat ke tempat yang lain, atau aktivitas fisik dengan meninggalkan tempat berpijaknya. Sebagian besar keterampilan berkembang sebagai hasil beberapa tahap kematangan, namun berlatih dan memperoleh pengalaman merupakan sesuatu yang penting untuk mencapai kematangan. Bercongklang, meluncur dan meloncat-loncat merupakan kegiatan yang sangat sulit, sebab kegiatan tersebut merupakan kombinasi dari pola dasar yang banyak dan berbeda-beda.
Keterampilan Nirlokomotor
Keterampilan ini sebagai keterampilan meliukan badan, dan merupakan gerak yang sedikit sekali bahkan terlibat tidak bergerak, sebab sama sekali tidak meninggalkan tempat berpijaknya kaki (antara lain, meliuk, menekuk badan, dan mengayunkan lengan atau tungkai).
Keterampilan Manipulasi
Gerak ini melibatkan kontrol obyek, yang terakit terutama dengan lengan dat tungkai. Ada dua klasifiasi dalam keterampilan dalam keterampilan manipulasi, ialah: (a) menerima dan (b) memberi penguat.
- Menerima merupakan keterampilan menerima obyek (menangkap dan menghentikan )
- Memberi penguat, merupakan keterampilan karakeristik untuk memberi kuat kepada obyek (melempar, memukul dan menyepak).
Pengembangan gerak dasar akan berjalan denagn baik bila ditunjang oleh status gizi yang baik pada anak didik. Peningkatan kemampuan motorik akan ditunjang oleh keadaan jasmani yang baik, apabila keadaan jasmani itu tumbuh dengan baik. Hal ini disebut pertumbuhan. Maksud tumbuh ialah otot yang makin panjang, kuat dan semakin lentuk. Sedangkan perkembangan proses perubahan menuju kearah yang lebih baik. Jadi merupakan perubahan kualitatif yang biasanya berkaitan dengan psikis, kepribadian, maupun organ tubuh (khususnya dalam perubahan fungsi otot menjadi lebih baik. Makin baiknya pertumbuhan diharapkan makin baiknya perkembangan psikomotor.
Kalau kemampuan motorik dapat berkembang sesuai dengan tahap pertumbuhan dan perkembangan (khusus yang dikembangkan di SD) maka dapat diharapkan bahwa keterampilan motorik atau keterampilan dasar berolahraga dapat menjadi baik juga.
0 Response to "Keterampilan Dalam Pendidikan Jasmani"
Posting Komentar